Rabu, 01 Februari 2012

BE FREE!
Klik http://rock-balikpapan.blogspot.com/p/be-free.html untuk handout pengajaran selengkapnya.

Yes! Firman Tuhan telah menjadi kekuatan yang memerdekakan kita. Firman Tuhan berkata, "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Dan pasti cara terbaik bagi kita untuk mengalami "wholeness" adalah "tetap dalam Firman Tuhan" dan benar-benar menjadi murid Tuhan. Bukan sekedar pengikut Kristus, tetapi murid (bahasa Inggris digunakan kata "Disciple" untuk "murid". Dari kata ini kemudian ada kata "disiplin"). Jadi ada perbedaan yang signifikan (berarti) menjadi murid atau hanya pengikut.


Padahal sejak bertobat dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita sudah dimerdekakan dari berbagai ikatan. Secara dejure (secara hukum/legal) kita sudah merdeka dan menang atas dosa. Namun secara defacto (kenyataan/praktek) kita masih harus melepaskan berbagai ikatan. Dan kekuatan yang membuat kita benar-benar merdeka adalah Firman Tuhan. Saya percaya kita harus benar-benar menjadi "murid" yang berdisiplin terhadap berbagai celah yang bisa mengikat kita pada pikiran, sikap dan perasaan yang buruk/dosa. Sebagai umat yang telah dibebaskan, kita harus benar-benar memastikan kebebasan yang utuh (whole). Tidak setengah-setengah. Harus tuntas. Beberapa ikatan yang harus kita kenal antara lain: Ikatan Agamawi, ikatan roh jahat (seperti roh cabul/porno, roh maling, kebencian/pahit, roh kesombongan dll). Bayangkan kenyataan ini, masih banyak orang di dalam Kristus yang ternyata masih terikat dan belum bebas dari dosa-dosa tertentu. Mereka jatuh dalam perjinahan, kebohongan, pencurian dll. Wow, betapa kita harus berjaga-jaga! Jangan sampai masih ada keterikatan yang pasti sangat merugikan kita sendiri. Dan akhirnya berujung pada kekalahan hidup terhadap dosa dan berbagai nafsu jahat.
Akhirnya kita menyadari bahwa kita tidak berbuat apa-apa di dunia ini seperti yang telah di destiny-kan oleh Tuhan. Maka  label yang melekat pada kita di akhir jaman bertuliskan "Mission Failed!".



Maka jadilah bebas saudaraku! Be free! Dan hanya terjadi apabila kita menjadi murid bagi Firman Tuhan yang memerdekakan. Amin!
Dengan antusias, Ps. Herold.

Klik http://rock-balikpapan.blogspot.com/p/be-free.html untuk handout pengajaran selengkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut