Rabu, 21 Maret 2012


Pohon Korma adalah pohon yang oleh Alkitab dianalogikan sama dengan Orang Benar. Salah satu alasannya karena pertumbuhan pohon korma memberikan pelajaran yang bagus untuk pertumbuhan rohani kita sebagai orang benar.. Benih Korma selalu ditanam lebih dalam dari bibit  benih tumbuhan kebanyakan. Selain itu setiap benih yang ditanam harus ditindih batu kemudian ditimbun. Dalam proses pertumbuhannya benih tersebut akan mengakar kebawah terlebih dahulu, mencari sumber air. Dan setelah itu mendorong batu diatasnya dan bertumbuh keatas.  Itulah sebabnya pohon Korma begitu kokoh walaupun bertumbuh di padang gurun dengan tanah yang tandus. Tidak hanya bertumbuh tetapi menghasilkan buah yang baik dan manis. Pantaslah jika Orang Benar digambarkan seperti pohon Korma (Mazmur 92:12).
Dari kebenaran ini kita memperoleh 4 Prinsip Pertumbuhan:
1. Pertumbuhan harus dimulai kebawah dulu. Kolose 2:7 Hendaklah kamu berakar (living Bible, dibangun kebawah) di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.
Dibangun ke bawah selalu tidak kelihatan, tidak populer. Harus perhatikan pembangunan ke bawah. Perhatikan Perumpamaan tentang fondasi pasir dan batu. Ini tentang komitmen-komitmen rohani pribadi .
2. Pertumbuhan tidak otomatis. Jangan bangun pertumbuhan diatas dasar pelayanan, aktifitas dan jabatan. Bangun berdasarkan hubungan dengan Tuhan.
3. Pertumbuhan itu merupakan proses yang memerlukan waktu. Tuhan tidak akan pernah memakai orang dengan cara pintas/shortcut. Tidak ada Intan yang terbentuk secara Instan.
4. Pertumbuhan rohani diukur dari perbuatan bukan apa yang kita ketahui. Action speak louder than word. Maka tindakan kita penting dalam perjalanan pertumbuhan rohani. Iman tanpa perbuatan pada hakekartnya adalah mati. Tuhan Yesus mengajarkan kita untuk menjadi pelaku dari Firman Tuhan.


Selamat bertumbuh! BE GROWING!
Ps. Ronny Daud Simeon
Elder Of ROCK Balikpapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut