Rabu, 07 Maret 2012

TANDA PERTUMBUHAN
Syalom! Dalam Lukas 2:52 tertulis, "Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia." Setelah itu dalam pasal 3 Yesus memulai pekerjaan-Nya. Maka kita mendapatkan contoh pertumbuhan dari kehidupan Yesus. Karena Yesus-pun bertumbuh. Dalam terjemahan lain kata "bertumbuh" adalah dewasa (matured) lalu Yesus memulai pekerjaan-Nya (ayat 23). Saya menyebut fase ini sebagai "tanda pertumbuhan". Yakni memulai pekerjaan/melayani. Sama seperti kehidupan manusia dewasa yang harus bekerja karena sudah besar dan dewasa untuk penghidupannya, maka demikianlah kehidupan kita secara rohani. Orang yang "growing" dapat dilihat. Apakah dia mulai bekerja/melayani atau tidak.

Sebab tanda pertumbuhan adalah melayani. Tak terkecuali Yesus. Yesus bertumbuh dan memulai pekerjaan-Nya.

Jika anda tidak pernah memutuskan untuk melayani dan bekerja dalam Kerajaan-Nya. Maka anda tidak akan pernah bertumbuh. Atau jika anda merasa telah bertumbuh dan anda tidak melayani, maka pertumbuhan anda menjadi semu dan tidak berguna. Sebab pertumbuhan ditujukkan untuk berfungsi sebagaimana pertumbuhan itu sendiri. Bayangkan seseorang yang sudah dewasa tetapi tidak bekerja. Mereka disebut pengangguran. Dan pengangguran lebih banyak tidak disukai. Pengangguran tidak pernah memberi makan, tetapi (selalu) diberi makan.
Jangan lupa, melayani adalah tanda pertumbuhan. Melayani adalah langkah awal dari sebuah perjalanan pertumbuhan. Karena dalam pelayanan kitapun tetap menghadapi "proses pertumbuhan". Di fase ini tidak sedikit orang yang terhambat pertumbuhan yang sesungguhnya telah dimulai. Maka pelayanan menjadi sangat penting dalam perjalanan pertumbuhan rohani seseorang karena disinilah destiny kehidupannya akan tergenapi. Tentunya dalam proses pertumbuhan dan kehidupan yang tidak mudah. Membutuhkan ketekunan, penguasaan diri dan respon dewasa sebagai orang yang "growing".
Jadi bertumbuhlah dan melayani. Melayanilah dan lanjutkan pertumbuhan! Pasti sangat menggairahkan. Pasti!
Dengan antusias, Ps. Herold Kilapong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut